Haruskah Anda Melewatkan Chip Apple M1?

MacBook Air

Haruskah Anda Melewatkan Chip Apple M1? – Setelah pengujian MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini 2020, kami dapat dengan percaya diri mengatakan bahwa prosesor M1 baru Apple sangat mengesankan. Tapi apakah Anda membutuhkan Mac baru sekarang? Kami memiliki saran peningkatan untuk setiap jenis pengguna, termasuk penggemar Windows.

Minggu ini, kami menerbitkan ulasan tentang Mac terbaru Apple, MacBook Air,  MacBook Pro 13 inci,dan desktop Mac mini.  Ketiganya sangat mengesankan kami, tetapi itu bukan karena desain ulang eksternal apa pun. Apple menjatuhkan penggunaan prosesor Intel yang sudah berjalan lama untuk    chip homegrown baru,  yang disebut Apple M1, yang membawa kinerja mesin-mesin ini ke ketinggian baru (dan berbeda).

MacBook Air, khususnya, benar-benar mendapat manfaat dari peningkatan kinerja, membawanya agak dekat dengan MacBook Pro yang berbasis di M1 meskipun harga awalnya $ 999. Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang prosesor system-on-chip (SoC) ini, yang memiliki hingga 16 core untuk menangani tugas komputasi dan grafis.

Anda dapat membaca bagian analisis kinerja M1 mendalam kami untuk detail lebih lanjut tentang cara kerja M1 dan bagaimana aplikasi yang berbeda berjalan di atasnya, tetapi bagi banyak pertanyaan utama hanya akan: Apakah saya membutuhkannya  sekarang? Kami membantu Anda dengan panduan di bawah ini, yang berjalan melalui bagaimana M1 (melalui tiga mesin baru) relevan dengan berbagai kelompok pembeli.

Jika Anda Memiliki MacBook Air Lama …

Ini mungkin rekomendasi termudah untuk dibuat. Punya laptop Mac (Air, Pro, atau MacBook 12 inci polos) lebih dari dua atau tiga tahun? Anda mungkin akan  menginginkan salah satu MacBook  baru sebelum terlalu lama. Jika Anda suka dan menggunakan  MacBook,tetapi model Anda saat initidak berfungsi, umumnya  menunjukkan usianya, atau membuat Anda frustrasi, itu sedekat mungkin dengan slam dunk untuk mengasumsikan Anda akan menikmati model M1 baru.

Chip M1 akan memberikan napas udara segar, terutama jika Anda pengguna MacBook Air saat ini — MacBook terkecil sekarang hampir secepat MacBook Pro, bukan lagi rekan string kedua. Ini mengubah Udara menjadi laptop yang hampir pro-level meskipun tubuhnya ramping. Jika peningkatan ke keyboard dan peningkatan komponen yang lebih sederhana dalam beberapa tahun terakhir tidak cukup untuk membuat Anda membeli model baru, ini adalah salah satu yang layak ditunggu. Masa pakai baterai yang ditingkatkan (hampir 30 jam pada tes rundown video kami) juga membantu. Ini hanyalah kesepakatan yang jauh lebih baik daripada sebelumnya, dan Anda akan dihargai atas kesabaran Anda dengan pergi untuk model ini. Selain itu, jika MacBook Air Anda berusia lebih dari beberapa tahun, MacBook Air kemungkinan menjalankan CPU seluler Intel versi “Broadwell” (Generasi ke-5). Apple menolak untuk pindah dari CPU yang hampir kuno ini sampai hanya beberapa tahun yang lalu di Udara. Pergi dari generasi chip ke M1 akan menjadi lompatan besar.

Untuk pemilik MacBook Pro, sementara laptop baru tidak sepenuhnya menabrak seluruh kelas, itubenar-benar lebih cepat daripada model sebelumnya. M1 adalah pergeseran kinerja dibandingkan dengan  MacBookberbasis Intel, jadi bahkan jika kita masih mengatakan MacBook Pro baru dimaksudkan untuk jenis pengguna yang sama, pengguna tersebut akan memiliki waktu yang jauh lebih baik. (Ada beberapa peringatan untuk pengguna profesional, jadi baca terus untuk media profesional  bagian di bawah ini.) Sekali lagi, lihat juga bagian kinerja yang ditautkan di atas untuk spesifik tentang bagaimana M1 menangani perangkat lunak yang ada.

Takeaway di sini: Jika Anda memiliki MacBook Air, MacBook, atau MacBook Pro lama yang pasti dan berada di pasar untuk penggantian, dapatkan salah satu MacBookberbasis M1baru. Untuk pengguna desktop, pemilik Mac mini pra-2018 yang lebih lama juga akan mendapat manfaat dari model baru berbasis M1.

Pilihan lain, jika Anda memiliki Mac yang  sangat tua, adalah membeli Mac berbasis Intel model terlambat, sekarang dengan harga yang dipotong. Jika Anda bukan anjing kinerja nyata dan memiliki anggaran yang lebih kecil, ini juga merupakan strategi yang sehat. Hanya dengan kebajikan menjadi baru, itu akan menjadi peningkatan atas laptop Penuaan Anda.

Jika Anda Memiliki MacBook Air Terbaru…

Dari sini, jawaban untuk “M1 atau tidak M1?” mulai kurang jelas. Jika Anda membeli MacBook Air atau MacBook Pro, atau Mac mini, dalam beberapa tahun terakhir dan berfungsi dengan baik, cukup sulit untuk mengarahkan Anda dalam hati nurani yang baik untuk kehabisan dan membeli yang baru.

Pada saat yang sama, selain anggaran sejenak, mesin M1 pasti lebih cepat. Terutama jika Anda menggunakan MacBook Air, bahkan model berbasis Intel awal 2020,Anda mungkin merasa pekerjaan Anda tegang terhadapkinerjanya. Model berbasis M1 unggul pada tugas media seperti versi sebelumnya tidak pernah bisa berharap untuk dilakukan.

Dorongan daya tahan baterai juga menarik. Tapi sekali lagi, saya akan sulit untuk memberi tahu siapa pun dengan MacBook Air 2020 yang berfungsi untuk menghabiskan $ 1.000 pada yang baru begitu cepat. Mungkin Anda dapat menjual laptop lama Anda untuk membantu membenarkan pembelian, atau menyerahkannya kepada anggota keluarga yang membutuhkan.

Pemilik MacBook Air berdiri untuk mendapatkan yang terbaik, tetapi bagi pemilik MacBook Pro baru-baru ini, lebih sulit untuk membenarkan. M1 lebih unggul daripada model Intel, tidak diragukan lagi, tetapi bahkan kesenjangan kinerja sederhana tidak cukup sehingga saya akan memberi tahu Anda untuk membuang MacBook 2019 atau 2020 yang sangat bagus. Sebagian besar pengguna tidak memiliki beban kerja yang akan membuat ini penggunaan uang Anda sangat cerdas, sama menggodanya dengan kecepatan tambahan.

Hal-hal menjadi lebih sulit ketika mempertimbangkan masalah (sementara) dengan aplikasi yang berjalan secara asli di Mac berbasis M1. Saat ini, hanya aplikasi pihak pertama Apple dan beberapa program pihak ketiga yang ditulis untuk berjalan secara asli pada chip M1, dan ini disebut aplikasi Universal. Aplikasi utama seperti yang ada di Creative Suite Adobe dan Microsoft Office belum memiliki versi Universal, yang berarti mereka (dan banyak lainnya) berjalan melalui lapisan emulasi. Versi yang ditiru ini masih dapat digunakan, tetapi efisiensi hilang. Ini adalah masalah yang berlaku untuk MacBook Air juga, tetapi lebih mungkin berlaku untuk pengguna MacBook Pro dan Mac mini. Itu membawa kita ke kelompok pembeli berikutnya.

Jika Anda seorang Media Pro…

Secara khusus, para profesional media perlu bergulat dengan masalah aplikasi Universal paling banyak,  dan merupakan pengguna yang paling terpengaruh oleh perbedaan kinerja di tempat pertama. Ini berpotensi menjadi masalah, tetapi masih cukup mulus ditangani oleh macOS. Sebagian besar pengguna dapat mendapatkan dengan perangkat lunak yang ditiru, akan berterima kasih atas peningkatan basis M1, dan tidak harus memikirkan hal ini lebih jauh.

Pembuat konten adalah masalah lain. Mereka yang saat ini menggunakan MacBook Pro atau Mac mini untuk bekerja, di mana margin kecepatan dan waktu tunggu membuat perbedaan besar, adalah penerima manfaat utama dari apa yang dapat ditawarkan M1. Jika Anda seorang pro media, Anda akan berterima kasih atas penurunan kode video dan waktu edit Photoshop.

Untuk merasakan lompatan kinerja di aplikasi yang ditiru dan Universal, lihat hasil tolok ukur berikut:

Hasil Handbrake 1.4 Beta dan Cinebench  R23 adalah hasil yang berjalan secara asli, dan Anda dapat melihat seberapa banyak perbedaan ini. (Lihat ulasan individual laptop ini untuk perincian yang lebih dalam dari hasil ini.) Akhirnya, semua aplikasi utama akan dikonversi ke aplikasi Universal, tetapi akan ada masa tunggu. (Apple mencatat bahwa Adobe Photoshop versi Universal direncanakan untuk awal 2021, dan Adobe Lightroom untuk Desember ini.) Perlu dicatat bahwa bahkan melalui emulasi, meskipun, sistem berbasis M1 melampaui model Intel dalam beberapa kasus. Aplikasi yang berjalan secara asli mengalahkan mereka dengan margin yang jauh lebih besar, menunjukkan apa yang mungkin terjadi pada chip M1. 

Takeaway utama di sini adalah bahwa untuk pengguna profesional, mungkin ada baiknya menunggu untuk masuk di M1. Chip saja layak dalam kekosongan, ya, tetapi potensi maksimumnya tidak akan direalisasikan untuk banyak aplikasi sampai lebih banyak aplikasi Universal dikembangkan dan dirilis. Jika Anda benar-benar membutuhkan kinerja terbaik saat ini (terutama jika Anda mengganti laptop lama daripada yang baru-baru ini), lakukanlah. Anda dapat menikmati peningkatan moderat dalam aplikasi yang ditiru sekarang dan peningkatan besar dalam aplikasi asli. Jika Anda lebih suka menghindari sakit kepala ini dan menunggu sampai menetap, Anda dapat membeli laptop yang sama ini dalam enam bulan, atau menunggu model 2021 yang diperbarui (praduga).

Jika Anda Pengguna Windows…

Akhirnya, kita datang ke kerumunan Apple perlu mengkonversi. Tidak semua pengguna Windows dapat atau akan beralih ke Mac, baik karena kebutuhan program khusus Windows atau keakraban dengan Windows saja. Tetapi tidak semua pembeli laptop adalah diehard Windows. Perhatikan bahwa versi terbaru macOS, bernama”Big Sur,” diluncurkan bersama laptop ini. Kami memiliki lebih banyak tentang perubahan di Big Sur di tautan.

MacBook Air membuat kasus yang sangat kuat bagi pembeli yang mencari nilai terbaik pada laptop portabel. Mac biasanya belum dikaitkan dengan nilai, dengan loyalis menerima premi pada harga, tetapi M1 MacBook Air berbiaya rendah mengubah persamaan itu. Ini lebih cepat dari harga yang sama dan beberapa laptop Windows yang lebih mahal, dengan build setidaknya sebagus (banyak yang akan mengatakan lebih baik) daripada mesin Windows terbaik.

Kami penggemar berat Dell XPS 13, dan akan merekomendasikannya kepada pembeli  ultraportable,  tetapi MacBook Air membuat kasusnya dengan kinerja chip M1 yang ditingkatkan. Tiba-tiba tidak hanya setara dengan setara Windows untuk tugas media dan profesional, tetapi lebih unggul dalam banyak kasus. Itu saja yang membuatnya menjadi proposisi yang menarik. Untuk $ 999, sulit bagi saya untuk menemukan alasan untuk tidak menyarankannya kepada pengguna Windows sebagai gateway Mac (sekali lagi, kecuali  Anda tidak akan atau tidak dapat menggunakan macOS).

Sementara itu, MacBook Pro 13 inci telah lama menjadi pilihan bagi para profesional media. Saya menduga banyak orang yang berpotensi menggunakan MacBook Pro sudah melakukannya dengan model yang lebih lama, tetapi jika Anda terjebak dengan Windows sampai saat ini, M1 tentu membuat kasus terbaik untuk melakukannya belum. Touch Bar dan chip yang sedikit unggul di MacBook Pro (delapan core grafis) dibandingkan dengan MacBook Air (tujuh core) model dasar adalah peningkatan utama untuk pengguna kelas pro, dan premi harga Apple lebih jelas di sini.

Adapun Mac mini, itu hanya menjadi lebih baik. Ini memiliki harga awal $ 699 yang luar biasa, lebih dari kompetitif dengan desktop Windows ringkas terbaik di kelas harganya. Ada banyak opsi Windows yang lebih murah, tetapi itu adalah langkah yang pasti di bawah daya yang ditingkatkan dari M1 Mac mini. Ini adalah kotak kecil yang sangat mengesankan.

Satu-satunya rintangan, sekali lagi, adalah macOS. Seperti disebutkan, ini adalah throughline dalam  semua produk ini dan peringatan terbesar bagi siapa pun yang mempertimbangkan lompatan ke M1. Kesediaan Anda untuk mencoba M1 akan engsel pada ini lebih dari apa pun, tetapi mengingat betapa terkesannya kami, kami dapat merekomendasikannya kepada semua kecuali pembeli yang paling tahan Mac.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *