Info 5G : Bagaimana Indonesia mempersiapkan peluncuran 5G?

Info 5G

Info 5G – Sejalan dengan posisinya sebagai ekonomi terbesar di ASEAN, Indonesia pada akhirnya diharapkan dapat menangkap pangsa pendapatan konsumen dan perusahaan yang meningkat sebagai dampak dari penyebaran 5G. Sebuah studi oleh perusahaan konsultan manajemen global Kearney menunjukkan bahwa teknologi ini dapat mengangkat pendapatan konsumen di seluruh wilayah sebesar 6-9% sebelum 2025, dan pendapatan perusahaan sebesar 18-22%, karena operator menghabiskan sekitar $ 10bn untuk investasi infrastruktur.

Indonesia diharapkan dapat ditempatkan dengan baik untuk mendorong nilai perusahaan sebagai hasil dari jejak dan kemampuan teknis Telkom Indonesia secara nasional. Laporan ini juga memperkirakan bahwa 5G dapat mengangkat pendapatan perusahaan telekomunikasi Indonesia antara $ 1.3bn dan $ 1.8bn pada periode yang sama.

Baca Juga : Slot Online Terpercaya

Bagi konsumen, 5G berarti broadband seluler ultra cepat dan akses nirkabel tetap, sementara perusahaan dapat memelopori model bisnis baru sebagai akibat dari latensi rendah dan konsumsi daya. Misalnya, bank-bank Indonesia sedang mempersiapkan pengiris jaringan 5G untuk memungkinkan konferensi video yang mulus dan memungkinkan penggunaan pengenalan wajah dalam prosedurknow- yourcustomer  untuk memfasilitasi pembukaan rekening bank tanpa memasuki cabang.

Rintangan

Namun, Indonesia tertinggal rekan-rekan regional dalam hal peluncuran 5G sebagai akibat dari rintangan regulasi, topografi nusantara, dan perpecahan politik antara pemerintah pusat dan provinsi yang telah menghambat pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan untuk teknologi tersebut. Singapura bertujuan untuk meluncurkan layanan 5G komersial pada tahun 2020, seperti halnya Malaysia, sementara Vietnam dan Kamboja dengan cepat membangun infrastruktur. Di Indonesia, Info 5G diperkirakan akan debut pada tahun 2022, dengan permintaan yang diantisipasi untuk datang pada awalnya dari sektor korporasi karena konsumsi data umum belum berada pada level untuk membenarkan volume layanan 5G yang tinggi. Namun, perbaikan harga dan infrastruktur yang kompetitif mendorong peningkatan volume data yang cukup besar di seluruh negeri. Pada Februari 2020 telco pribadi terbesar di negara itu, XL Axiata, melaporkan peningkatan volume data yang signifikan di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Yogyakarta, sebagai akibat dari permintaan streaming video. Perusahaan secara agresif mengerahkan peningkatan ke jaringan seratnya  untuk mempersiapkan kedatangan 5G pada akhirnya.

Persyaratan Spektrum

Indonesia belum menetapkan jadwal lelang spektrum 5G kepada operator seluler. Ini juga masih harus dilihat pada frekuensi mana teknologi akan beroperasi; Namun, Kementerian Komunikasi dan IT dilaporkan mendukung pita tengah  3,5 Ghz yang saat ini diperuntukkan bagi satelit.

Regulator harus memberikan spektrum antara 80 MHz dan 100 MHz secara terus menerus untuk setiap operator di band utama, dan sekitar 1 GHz untuk setiap operator di pita gelombang milimeter. Pemerintah mengetahui  pentingnya mengesahkan  undang-undang perlindungan data baru, yang dijadwalkan akan disetujui pada tahun 2020, menjelang pengembangan layanan data lebih lanjut.

Pada November 2019 Johnny Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, mengatakan kepada media lokal bahwa begitu spektrum dialokasikan, lelang akan terbuka untuk semua penawar. “Telco Indonesia membutuhkan waktu untuk mendapatkan kembali investasi 4G mereka dan kemudian akan fokus pada 5G,”  kata Arwin  Rasyid, pendiri perusahaan modalventura TEZ Ventura Indonesia, kepada OBG. Konsolidasi akan  membantu telco mengelola biaya tinggi peluncuran 5G. Pemain telco swasta telah terlibat dalam pertempuran untuk menopang garis bawah mereka setelah berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur baru, dan ini tampaknya bekerja, dengan konsolidasi biaya, penjualan aset dan permintaan yang kuat untuk layanan data meningkatkan kinerja keuangan.

Baca Juga : http://www.celeb.bz/slot-online-bermain-dengan-aman-dan-menguntungkan-di-situs-slot-online-terpercaya/

Masa Depan Info 5G

Faktor-faktor utama yang pasti akan menentukan kecepatan pengembangan Info 5G Indonesia termasuk kecepatan di mana telco dapat membiayai spektrum baru – meskipun banyak yang disiapkan, dengan infrastruktur 5G di tempat – dan laju pertumbuhan permintaan dari konsumen. Ini, mengingat keberhasilan uji coba 5G awal, menandakan potensi yang menjanjikan untuk segmen TIK di negara yang dikenal di seluruh wilayah untuk kekuatan ekonomi digital dan start-up teknologi rumahan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *