Desktop vs. Laptop: Mana yang harus Anda dapatkan? Begini Cara Memutuskan

laptop

Desktop vs. Laptop: Mana yang harus Anda dapatkan? Begini Cara Memutuskan – Untuk sebagian besar sejarah komputer, pekerja kantoran menggunakan desktop. Hari-hari ini, lanskap berubah.

Seiring dengan canggihnya teknologi laptop, komputer portabel telah menantang pemerintahan desktop yang sudah berlangsung lama. Saat ini, tidak jarang seluruh perusahaan secara eksklusif menggunakan laptop.

Ini bukan berarti bahwa desktop harus pergi ke jalan dinosaurus. Komputer desktop membawa manfaat yang berbeda pada tabel. Ini berarti bahwa menimbang pro dan kontra desktop vs laptop bisa rumit.

Jika Anda berada di pasar untuk komputer baru dan perusahaan Anda menawarkan pilihan antara desktop dan laptop, jangan terburu-buru membeli apa pun yang digunakan rekan kerja Anda. Sebagai gantinya, tinjau faktor-faktor berikut untuk menentukan gaya mesin mana yang tepat untuk Anda.

Biaya

Setiap laptop dan desktop dilengkapi dengan berbagai fitur yang memengaruhi biaya. Tetapi sebagai aturan umum, desktop lebih murah daripada laptop dengan fitur yang sebanding. (Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa laptop adalah mesin all-in-one sedangkan desktop sering memerlukan aksesori tambahan—seperti keyboard dan mouse—agar berfungsi penuh.) Desktop juga cenderung lebih tahan lama dan kurang rentan terhadap kerusakan daripada laptop, yang dapat berarti pemilik desktop membayar peningkatan atau penggantian lebih jarang daripada pemilik laptop.

Kemudahan memutakhirkan

Dibandingkan dengan laptop, desktop menawarkan banyak opsi peningkatan yang lebih nyaman. Ini sebagian besar karena desktop membeli opsi untuk memutakhirkan setiap bagian berdasarkan kasus per kasus. Apakah Anda ingin menambahkan RAM, meningkatkan SSD atau kartu video, memperluas hard drive, atau mengganti bagian yang rusak, Anda dapat melakukannya dengan cukup mudah dengan berinvestasi di bagian individual yang diperlukan.

Sebaliknya, ada sangat sedikit bagian individu yang dapat ditingkatkan pada laptop. Yang dapat ditingkatkan atau diperbaiki biasanya memerlukan komponen khusus merek. Sering kali, meningkatkan laptop berarti Anda harus membeli mesin yang sama sekali baru.

Daya komputasi

Untuk waktu yang lama, desktop memerintah tertinggi sebagai satu-satunya alat komputasi yang cukup kuat untuk menangani multitasking serius. Hari-hari ini, laptop berlomba-lomba untuk tahta. Berkat kemajuan dalam masa pakai baterai, prosesor, dan tampilan visual, lappy berkualitas menawarkan daya komputasi yang mengesankan.

Sebagian besar, desktop masih memiliki keunggulan dalam hal prosesor, memori, ruang penyimpanan lokal, port ekspansi, dan menangani proyek yang haus daya seperti grafis atau pengeditan video — terutama ketika Anda membandingkan komputer desktop dan laptop dengan harga yang sama. Tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang dapat menjalankan beberapa program secara bersamaan, desktop dan laptop bertenaga tinggi harus sampai dengan tugas.

Ada dua peringatan. Pertama, ketahuilah bahwa lappy bertenaga tinggi lebih mahal daripada rekan-rekan bertenaga lebih rendah, dan semuanya kecuali dijamin biaya lebih dari desktop bertenaga tinggi. Kedua, laptop bertenaga tinggi cenderung besar, yang dapat mengurangi portabilitas.

Ukuran

Tidak ada mesin yang lebih baik atau lebih buruk dalam hal ukuran — hanya ada preferensi pribadi.

Karena dirancang untuk portabilitas, lappy cenderung lebih kecil dari desktop. Monitor desktop, di sisi lain, biasanya lebih besar. Ini bisa bernilai jika Anda perlu bekerja secara bersamaan di beberapa program atau jika Anda bekerja dalam grafik atau video. Apakah Anda memilih Lappy atau desktop, mudah untuk menikmati ukuran layar yang lebih besar dengan menghubungkan mesin ke monitor kedua (asalkan Anda tidak perlu Lappy portabel sepanjang waktu).

Kenyamanan

Laptop menawarkan kenyamanan yang lebih besar dalam bentuk portabilitas fisik dan ketenangan pikiran bahwa Anda dapat membawa pekerjaan Anda ke mana pun Anda pergi. Lappy juga dirancang agar mudah digunakan. Bahkan pengaturan untuk laptop baru hampir tidak lebih intensif daripada mencolokkannya dan menyalakannya.

Desktop, di sisi lain, lebih mudah diperbaiki dan biasanya menawarkan lebih banyak opsi layanan di tempat daripada laptop, yang biasanya perlu diperbaiki di luar lokasi, perusahaan pihak ketiga. Tetapi kenyamanan desktop berbanding baik dibandingkan dengan laptop ketika Anda menganggap bahwa perakitan mereka jauh lebih intensif waktu dan memindahkannya bisa menjadi rasa sakit di leher.

Portabilitas

Tidak ada pertanyaan tentang hal itu: Ketika datang ke portabilitas, lappymengambil kue. Jika Anda memerlukan komputer yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengakses data Anda di mana saja — baik di pesawat terbang, di stasiun kereta api, atau di hotel saat bepergian untuk bisnis — maka lappy adalah pilihan yang jelas.

Harapan hidup

Desktop cenderung memiliki harapan hidup yang lebih lama daripada laptop karena beberapa alasan:

  • Mereka dirancang untuk tinggal di satu tempat alih-alih mendapatkan di sekitar, yang berarti mereka tidak rentan terhadap kerusakan.
  • Mereka kurang rentan terhadap pencurian karena mereka duduk di satu lokasi yang aman alih-alih dipindahkan di ruang publik.
  • Seperti disebutkan di atas, mudah untuk mengganti bagian yang rusak atau meningkatkan ke bagian berkinerja lebih tinggi. Ini memastikan desktop tetap berfungsi selama jangka panjang dan mengurangi kebutuhan untuk membeli mesin baru setiap beberapa tahun. Sebaliknya, ketika laptop mulai memiliki masalah kinerja atau tidak lagi memenuhi kebutuhan Anda, satu-satunya pilihan yang layak adalah membeli mesin baru.

Intinya? Desktop cenderung memerintah tertinggi dalam hal biaya, kemudahan peningkatan, kekuasaan, dan harapan hidup. Di sisi lain, notebook mengambil kue dalam hal portabilitas dan kenyamanan. Pada akhirnya, Anda perlu menimbang dengan cermat seberapa kuat mesin Anda perlu menyelesaikan pekerjaan dan apakah Anda bersedia mengeluarkan uang tunai tambahan untuk keuntungan portabilitas tambahan. Kunci teka-teki desktop vs. laptop adalah dengan mempertimbangkan pertimbangan ini sehingga Anda dapat membeli mesin terbaik untuk Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *