Cara Membeli Laptop Gaming: Panduan untuk 2021

Gaming
Gaming

Cara Membeli Laptop Gaming: Panduan untuk 2021 – Meskipun desktop tetap tertinggi di antara banyak gamer PC, kadang-kadang Anda hanya perlu sesuatu yang sedikit lebih portabel. Laptop game adalah rig di mana saja, dengan kekuatan untuk bermain game dalam ukuran yang dapat Anda bawa bersama Anda.

Tetapi ketika Anda membeli laptop game,Anda tidak hanya melihat spesifikasi. Anda sedang melihat seluruh komputer, termasuk keyboard dan layar bawaan. Di sini, kami menjelaskan semua keputusan yang harus Anda buat saat membeli laptop game sehingga Anda bisa mendapatkan yang terbaik untuk kebutuhan dan anggaran Anda.

Tips Cepat

  • Dapatkan GPU yang baik: Sebagian besar game tergantung pada GPU, dan Anda tidak dapat meningkatkannya di laptop. GPU  yang baik akan memastikan laptop Anda bermain game di pengaturan tinggi selama beberapa tahun.
  • Pertimbangkan untuk meningkatkan nanti: Banyak, meskipun tidak semua, laptop game memungkinkan Anda meningkatkan RAM  dan  penyimpanan Anda.
  • Resolusi atau kecepatan pick: Layar tercepat, hingga 360 Hz, hanya hadir pada resolusi 1920 x 1080 sekarang, sehingga  layar 4K  akan lebih lambat.
  • Dapatkan keyboard yang bagus: Anda tidak ingin memainkan game Anda pada sesuatu yang lembek atau kaku.
  • Daya tahan baterai mungkin akan buruk: Sangat sedikit notebook game mendapatkan 8 jam atau lebih dengan biaya, dan Anda membutuhkan catu daya untuk mendapatkan kinerja terbaik pula.

GPU apa yang Anda butuhkan?

Sementara beberapa game menggunakan CPU, sebagian besar game masih terikat GPU, jadi ini adalah salah satu keputusan terbesar yang Anda buat ketika membeli notebook game. Saat ini, mayoritas notebook gaming hadir dengan GPU Nvidia GeForce GTX atau RTX.

Kartu grafis terbaru pada seri Nvidia adalah kartu RTX seri 30 terbaru, dari RTX 3060 Max-Q hingga RTX 3080. Di bagian depan AMD, ada seri Radeon RX 5000M, yang terdiri dari RX 5500M untuk sistem anggaran, dan RX 5600M dan RX 5700M untuk kinerja lebih. Namun, kami mengharapkan berbagai GPU diskrit AMD baru untuk memukul laptop akhir tahun ini.

Catatan tentang Max-Q: Tidak selalu jelas pada laptop awal RTX seri 30 jika mereka menggunakan GPU Max-Q sampai Anda membelinya. Periksa  cara mengetahui apakah laptop RTX seri 30 menggunakan GPU Max-Q.

Model RTX memerintahkan premium. Sementara itu, jika Anda mencari kesepakatan pada laptop game generasi saat ini, perhatikan halaman Penawaran Teknologi Terbaik kami.  

  • Game entry-level: Jika Anda tidak perlu bermain di pengaturan tertinggi, Anda dapat menggunakan GTX 1650 atau RX 5500M, yang akan memungkinkan Anda memainkan sebagian besar game, meskipun pada pengaturan middling. GTX 1660  Ti akan memberi Anda sedikit lebih banyak kekuatan, dan kami umumnya berpikir itu terlihat dan sepadan dengan investasi. Laptop dengan kartu ini kira-kira akan dikenakan biaya antara $ 800 (£ 700) dan $ 1.100 (£ 900).
  • Mainstream Gaming: Nvidia’s GeForce RTX 2060 adalah kartu middle-of-the-road yang bagus yang akan memungkinkan Anda memainkan sebagian besar game pada pengaturan tinggi, meskipun seiring berjalannya tahun pada RTX 3060 dan RTX 3070 akan menggantikannya di kelas menengah. Ini juga dianggap sebagai standar minimum untuk realitas virtual, jadi itu adalah yang terendah yang harus Anda kunjungi untuk Oculus Rift atau HTC  Vive Anda. Di sisi AMD, RX 5600M tidak sekuat pemain, tetapi akan menyelesaikan pekerjaan. Harapkan laptop dengan kartu-kartu ini jatuh antara $ 1.100 (£ 1.000) dan $ 1.500 (£ 1.350).
  • VR dan Pengaturan Tertinggi: RTX 2070 akan memungkinkan Anda bermain melalui hampir semua hal pada pengaturan tinggi, sementara RTX 2080 atau RTX 2080  Ti adalah kartu seri 20 paling kuat di luar sana dan akan memungkinkan VR yang lebih halus dan efek khusus. Seiring berjalannya tahun, RTX 3070 dan RTX 3080 akan mendorong piksel terbanyak. Ini adalah kartu yang akan memungkinkan Anda mulai memompa efek seperti Nvidia  Gameworks. Laptop seperti ini dapat dimulai dalam kisaran K $ / $ tinggi, dan, tergantung pada spesifikasi lain apa yang Anda butuhkan, pergi lebih dari $ 3.000 (£ 2.700). Tetapi dengan seri RTX baru, Anda dapat memainkan video game yang ditelusuri sinar dan mendapatkan frame rates yang lebih cepat. RTX 2070 atau RTX 2080 bahkan mungkin cukup bagi Anda untuk bermain game dalam 4K.

Spesifikasi lain apa yang harus saya cari?

Meskipun GPU penting, Anda juga ingin mencari CPU yang baik, RAM yang cukup, dan banyak ruang penyimpanan.

  • CPU: Tergantung pada anggaran Anda, Anda bisa mendapatkan CPU Core i7 yang sangat kuat atau bahkan CPU yang dapat Anda overclock seperti Intel Core i9-9980HK. Anda juga dapat menemukan laptop dengan CPU desktop. Namun, sebagian besar game mendapat manfaat lebih dari GPU berkualitas daripada CPU sehingga Anda pasti bisa mendapatkan dengan prosesor Core i5.

Jika Anda melihat sesuatu yang lebih lama dari Intel 10th Gen Core terbaru (nomor model dimulai dengan 10) atau dengan daya lebih sedikit, pertimbangkan untuk menyimpan sedikit. CPU biasanya tidak dapat ditingkatkan, jadi Anda membuat pilihan ini sekali. Intel meluncurkan Intel Core H35 Generasi ke-11 di CES 2021, sementara bagian 45W akan datang di akhir tahun.

  • RAM: Game dapat menjadi intensif RAM, dan 8GB adalah apa yang kami rekomendasikan untuk tugas produktivitas rata-rata. Jika bisa, Anda harus menggunakan 16GB pada PC game. Laptop dengan GTX 1650 atau 1660  Ti biasanya hadir dengan 8GB. Setelah Anda sampai ke GTX 2060 atau lebih tinggi, beberapa akan datang dengan RAM 16GB. Jika Anda tidak bisa mendapatkan laptop Anda dengan RAM 16GB sekarang, pertimbangkan untuk meningkatkannya dalam waktu dekat. Memori dapat ditingkatkan di banyak laptop gaming, jadi ini adalah area yang dapat Anda pertimbangkan untuk meningkatkan nanti jika Anda berguna dengan obeng.
  • Penyimpanan: Hard drive atau  SSD? Mengapa tidak keduanya? Beberapa laptop gaming anggaran hanya akan dilengkapi dengan hard drive (biasanya 1TB), tetapi sebagian besar notebook game juga termasuk SSD kecil untuk berfungsi sebagai boot drive. Tak jarang melihat SSD 128GB dan HDD 1TB bekerja sama. Jika Anda bisa mendapatkan SSD yang lebih besar, Anda mungkin melihat penurunan waktu pemuatan, tetapi itu  juga akan dikenakan biaya yang cukup banyak. Pastikan Anda mendapatkan HDD 7.200 rpm yang lebih cepat, dibandingkan dengan HDD 5.400 rpm.

Seperti memori, penyimpanan sering dapat ditingkatkan di notebook gaming. Jadi,  jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, Anda dapat tersoying dalam HDD 2 TB atau lebih besar.

Apa yang harus saya cari dalam layar Laptop Gaming?

Tampilan sering diabaikan tetapi sangat penting. Jika Anda tidak menghubungkan laptop ke monitor, layar bawaan adalah bagaimana Anda melihat semua game Anda.

  • Ukuran: Sebagian besar laptop gaming memiliki layar 15 atau 17 inci, meskipun ada beberapa sistem besar yang memiliki panel 18 inci dan beberapa sistem 14 inci. Ukuran apa yang Anda sukai adalah masalah preferensi pribadi, tetapi ingatlah bahwa semakin besar layar, semakin besar dan berat laptop.
  • Resolusi: Jangan pernah mendapatkan apa pun yang kurang dari layar 1920 x 1080. Sangat jarang menemukan satu dengan resolusi yang lebih rendah, tetapi jika Anda melakukannya, jalankan. Layar 4K (3840 x 2160) adalah opsi pada beberapa laptop game, tetapi Anda mungkin masih perlu menolak beberapa pengaturan, terutama jika Anda mengaktifkan pelacakan sinar.
  • Laju penyegaran: Sebagian besar laptop yang akan Anda lihat akan memiliki resolusi 1080p dan layar 60Hz. Dan bagi banyak gamer, itu benar-benar cukup. Layar beresolusi lebih tinggi (2560 x 1440, 3840 x 2160) cantik, tetapi top out pada 60Hz. Itu sebabnya bagi beberapa gamer, 1080p mungkin menjadi pilihan terbaik. Beberapa vendor menawarkan layar FHD dengan refresh rate 144 Hz, 240 Hz, atau bahkan 360 Hz yang lebih cepat untuk game yang lebih halus. Tentu saja, Anda memerlukan GPU yang hebat dan untuk bermain pada pengaturan yang menekankan frame rate di atas kesetiaan grafis untuk mengambil keuntungan.
  • Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync: Beberapa notebook game, terutama di teknologi canggih dan dukungan yang menyinkronkan tampilan dengan kartu grafis, yang menghilangkan robekan layar dan ghosting.
  • Hindari layar sentuh: Meskipun tidak secara inheren buruk, layar sentuh tidak perlu di notebook game (beberapa model 2-in-1 terlepas dari itu). Mereka membunuh daya tahan baterai dan dapat membuat layar terlalu mengkilap.

Apa yang harus saya cari di keyboard?

Jika Anda mendapatkan keyboard game entry-level, Anda akan mendapatkan tombol chiclet dengan backlighting LED. Tapi ada begitu banyak lagi yang perlu dipertimbangkan:

  • Perjalanan Tombol: Ini adalah seberapa jauh Anda dapat menekan tombol. Secara umum, kami lebih suka kunci dengan lebih dari 1,5 milimeter perjalanan kunci, dan jika Anda mencapai 2mm, itu bahkan lebih baik. Ini dapat mencegah Anda dari “bottoming out,” atau menekan bingkai keyboard. Ketika Anda sampai ke beberapa laptop yang sangat mahal, Anda bahkan dapat menemukan kunci mekanis.
  • Aktuasi: Ini adalah berapa banyak kekuatan yang perlu Anda terapkan ke tombol untuk menekannya. Kami biasanya menyukainya antara 65 dan 70 gram, yang cukup untuk memberikan resistensi tanpa merasa lunak.
  • Tombol Makro: Lebih sulit untuk menemukan tombol makro pada notebook game daripada keyboard desktop, tetapi bukan tidak mungkin. Seperangkat kunci makro yang dapat diprogram dengan baik akan memungkinkan Anda menyelesaikan tugas paling umum yang anda selesaikan dalam game dengan mudah. Biasanya ada perangkat lunak khusus oleh produsen laptop untuk ini.
  • Rollover anti-ghosting dan n-key: Ini adalah dua fitur yang akan membuat Anda tampil maksimal dalam game. Anti-ghosting berarti bahwa ketika Anda menumbuk beberapa kunci untuk kombo atau melakukan beberapa tindakan, mereka semua akan mendaftar. Selain itu, rollover n-key berarti bahwa setiap kunci independen dari yang lain dan akan didaftarkan tidak peduli tombol lain mana yang ditekan.
  • Lampu latar: Meskipun laptop game anggaran akan memberikan lampu latar, itu hanya merah atau putih. Keyboard terbaik memiliki backlighting RGB. Beberapa melakukannya berdasarkan zona (atau bagian keyboard), sementara yang lain memungkinkan penyesuaian berdasarkan per tombol. Beberapa bahkan memungkinkan Anda mengubah pencahayaan tergantung pada permainan.

Apa yang ditawarkan merek tertentu?

Setiap merek laptop game memiliki sedikit saus khusus. Beberapa memiliki desain perangkat keras khusus yang menonjol sementara yang lain fokus pada perangkat lunak kustom.

Berikut adalah beberapa yang perlu diperhatikan:

Alienware (Dell) – Alienware telah masuk ke permainan tipis dan ringan dengan  Alienware m17,  tetapi juga membuat kekuatan kelas desktop sendiri  kecerdasan   Alienware Area-51m. Dell juga membuat mesin entry-level  sendiri.

Asus – Merek Republik Gamer Asus memiliki beberapa desain yang apik. Perangkat lunak ROG Gaming Center-nya berbagi informasi perangkat termasuk suhu, penyimpanan, dan penggunaan RAM, sementara program Armoury  Crate memungkinkan Anda untuk menyesuaikan backlighting RGB. Asus juga membuat  Zephyrus G14,laptop AMD terbaik yang pernah kita lihat.

Acer – Acer dikenal memiliki perangkat keras yang terjangkau, meskipun telah membuat kami kagum dengan inovasi seperti Predator 21X konyol yang menampilkan layar melengkung dan keyboard mekanis. Aplikasi  PredatorSense  memungkinkan Anda memantau penggunaan CPU dan GPU dan menyesuaikan kecepatan kipas.

HP – Jajaran HP Omen memiliki desain yang lebih berkelas pada akhir-akhir ini,tetapi mempertahankan estetika gamer. Aplikasi ini adalah Omen Command Center, yang merinci penggunaan GPU dan CPU, pemanfaatan RAM dan booster jaringan yang memungkinkan Anda memprioritaskan bandwidth.

Gigabyte & Aorus  – Gigabyte dan sub-mereknya,  Aorus,menawarkan beberapa variasi. Gigabyte cenderung lebih rendah dengan lebih banyak pilihan warna, sementara  model Aorus ramping dan tipis. Mana pun yang Anda pergi  dengan,  Anda akan mendapatkan perangkat lunak Fusion untuk kustomisasi RGB. Mesin Aorus  memiliki Command and Control agar mudah overclocking.

Lenovo – Jajaran gaming Lenovo disebut Legion, dan baru-baru ini didesain ulang menjadi lebih minimalis. Alih-alih membuat perangkat lunak baru, perusahaan mengubah aplikasi Vantage-nya untuk fokus pada info CPU, GPU, RAM dan HDD, serta tombol untuk meningkatkan kecepatan penggemar.

MSI – Laptop gaming MSI sering kali besar, hitam dan merah, meskipun perusahaan Stealth Thin baru-baru ini menunjukkan dapat melakukan sesuatu yang lebih halus juga. Tentu saja, Anda akan selalu memperhatikan logo naga merek dagang. MSI menyertakan perangkat lunak Dragon Center-nya, yang  baru-baru ini melalui desain ulang. Ini memungkinkan pemantauan sistem, beberapa profil kinerja, mengendalikan kipas dan menyesuaikan lampu latar keyboard.

Razer – Apakah seseorang mengatakan Chroma? Desain Razer adalah beberapa yang terbaik dalam bisnis ini, dan dikenal dengan pencahayaan RGB-nya. Razer Synapse memungkinkan Anda merekam makro dan mengatur pencahayaan pada laptop dan aksesori.

Bagaimana dengan daya tahan baterai?

Jawaban singkatnya adalah tidak mengandalkan notebook game Anda yang super portabel.

Jika Anda menggunakan laptop untuk bermain game, Anda harus tetap memasang laptop untuk mendapatkan kinerja penuh dari GPU Anda. Dan jika tidak, Anda akan beruntung jika laptop Anda bertahan selama satu jam bermain game. Dalam pengalaman pengujian kami, sebagian besar laptop game hanya bertahan beberapa jam dengan biaya saat melakukan tugas lain, tetapi tidak pernah selama ultraportables  tanpa GPU diskrit. Jika Anda membutuhkan sesuatu untuk bertahan selama 8 jam saat Anda bekerja, itu tidak akan menjadi notebook game.

Beberapa melakukan bertahan lama, tetapi itu sering dengan mengorbankan layar, dan Anda tidak ingin memainkan semua game Anda pada layar yang gelap, redup atau tidak akurat.

Intinya

Saat membeli notebook game, dapatkan buku catatan yang akan bertahan selama beberapa tahun. Jika Anda mampu membelinya, dapatkan GPU kelas menengah ke kelas atas, meskipun jelas kartu yang lebih baik akan menawarkan kinerja yang lebih baik. Pilihan itu lebih penting daripada RAM dan CPU, meskipun Anda harus memperhatikan mereka juga. Penyimpanan adalah yang paling mungkin untuk ditingkatkan, tetapi lebih banyak lebih baik, karena game memakan banyak ruang. Putuskan apakah Anda lebih suka resolusi tinggi atau layar yang lebih cepat dan pertimbangkan perangkat lunak apa yang akan membantu Anda, tetapi sadarilah bahwa Anda tidak akan mendapatkan masa pakai baterai yang hebat. Bagaimana semua itu bekerja sama menentukan seberapa baik notebook game di bangku uji Perangkat Keras Tom.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *